FALSAFAH DAN POLA SMM
15.15 | Author: SMK Negeri 1 Karimunjawa

Falsafah Sistem Manajemen Mutu sebenarnya sangat sederhana, mudah diucapkan namun belum semua orang dapat melakukuan dengan baik dan benar. Apa falsafahnya ?. yaitu ONO TULIS ONO TILAS, ONO TILAS KUDU ONO TULIS. Apa maksudnya ?. Setiap kegiatan / pekerjaan / aktivitas harus dimulai dengan perencanaan dan akhir kegiatan harus dibuat laporan.

Sedangkan pola dasar dalam Sistem Manajemen Mutu adalah P-D-C-A
P = Plan = Perencanaan
D = Do = Dilaksanakan
C = Check = Periksa / evaluasi
A = Action = Kegiatan Perbaikan secara berkelanjutan
Setiap pekerjaan pada suatu organisasi dalam menjalankan fungsinya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan harus diawali dengan perencanaan, dikerjakan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, akhir kegiatan dilaksanakan evaluasi dan dibuat laporannya, kemudian dari hasil evaluasi semua kekurangan yang ditemukan dibuat rancangan perbaikan secara berkelanjutan. Demikian seterus sehingga pada akhirnya organisasi tersebut semakin solid, semakin baik dan semakin akuntabel
This entry was posted on 15.15 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: